Media Studies

Rabu, 25 September 2013

The Third Meeting

Lanjutan yang kemarin guys..

3. Media mengutarakan ideologi dan pesan - pesan yang bersangkutan dengan norma

Iyap, media memang diciptakan untuk itu guys. Tapi tau ga sih ideologi tuh apa, ideologi tuh rangkaian asumsi kita tentang dunia, yang membentuk bagaimana kita berpikir mengenai persoalaan yang kita hadapi, seperti peran gender, kedisiplinan, dll. Ada 2 macam ideologi, karena dia bersifat pribadi dan kolektif. Mereka yang memiliki ideologi pribadi yang serupa dengan orang-orang lain akan menjadi ideologi kolektif.

Nah, setiap media punya ideologinya masing-masing, hal ini yang bikin persepsi yang kita dapatkan berbeda-beda. Misalnya majalah otomotif akan membahas mobil-mobil sport yang baru diluncurkan. Hal ini akan berbeda jika muncul di infotiment yang biasanya membahas mengenai mobil yang sedang digunakan oleh artis yang sedang hits. Beritanya memang sama, namun ideologi yang dimiliki setiap media berbeda hingga norma-norma yang munculpun akan berbeda.

4. Media adalah bisnis yang memiliki kepentingan komersil yang mencari audience yang tepat sebagai konsumen atau pembeli

Media apapun yang digunakan, pasti memiliki target audiencenya masing-masing, dari itulah media bisa merauk untung sebesar-besarnya. Contoh simplenya adalah music, media bisa menggunakan band yang terkenal sehingga memiliki banyak target audience, hal ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan CD, DVD, Film, pernak-pernik, dll yang tentu merupakan kepentingan komersil dari pihak media.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar